Tumbuhan Herbal Untuk Menangkal Virus dan Menjaga Kesehatan

Guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom memaparkan bahwa empon-empon dapat menangkal virus corona seperti yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan dan menjadi wabah virus yang menggemparkan dunia.

Empon-empon juga telah terbukti aman untuk kesehatan sesuai Peraturan MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia yang menyebutkan, formularium ramuan obat tradisional Indonesia (FROTI) merupakan informasi tentang jenis-jenis tumbuhan obat yang tumbuh di Negara Indonesia yang telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan.

Catatan Sejarah :

Pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII, Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat memiliki catatan lengkap tentang pengobatan tradisional kemudian diterbitkan oleh Raden Somodidjojo dengan judul Kitab Primbon Betaljemur Adammakna.

Susan-Jane Beers dari Irlandia yang tinggal di Indonesia sejak 1990-an, juga menulis buku Jamu dengan judul ” The Ancient Indonesia Art of Herbal Healing” pada 2001 yang berisi hasil riset tentang pengobatan tradisional selama 10 tahun berkeliling di Indonesia.

Selain itu, Wanita dari Belanda Jans Kloppenburg-Versteegh juga telah mengamati perilaku dalam kehidupan masyarakat Jawa yang melakukan penyembuhan penyakit dengan menggunakan ramuan berbahan tradisional dari tanman dan hewan di lingkungan sekitar.

Ia telah mencatat lebih dari seribu jenis tanaman yang berkhasiat dan membuat buku dengan 1.467 resep pengobatan tradisional dengan bahan alami untuk berbagai macam penyakit seperti sariawan, sakit kulit, diare, diabetes dan ginjal.

Pengetahuan tentang jamu dari bahan empon-empon merupakan pengetahuan asli masyarakat Indonesia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, dikaji dari pengalaman dan sudah dipercaya memberikan manfaat yang berguna dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Beberapa Jenis Empon-empon yang bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Temu Lawak (Curcuma xanthorrizha)
Temu Lawak

Temu Lawak adalah tanaman endemik asli dari Indonesia. Kebanyakan orang mendengar Temu Lawak maka yang terbayang adalah khasiatnya untuk menambah nafsu makan pada anak-anak.

Masyarakat sudah terlanjur mempercayai akan khasiat yang didapat dari mengkonsumsi Temu Lawak diantaranya adalah menambah nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angin, membantu pengobatan kanker, mengatasi masalah usus besar, memengaruhi metabolisme lemak, mengatasi radang sendi, mengeluarkan toksin tubuh, mengatasi demam, meningkatkan fungsi ginjal, meningkatkan stamina (Anonim, 2019).

2. Kunyit (Curcuma Longa)

Kunyit

Secara kesehatan kunyit telah diakui membawa banyak manfaat pada tubuh manusia. Sehingga beberapa literatur ilmiah juga menyarankan kunyit untuk dijadikan tanaman wajib untuk mengisi kebutuhan tanaman obat keluarga.

Khasiat dari kunyit antara lain sebagai anti peradangan tubuh, mengobati asam lambung, mengurangi produksi gas pada pencernaan, meredakan sakit perut akibat irritable bowel syndrom, mengurangi mual, dan meredakan diare (Joseph, 2017).

3. Temu Putih (Curcuma zedoaria)

temu putih

Temu putih dipercaya sebagai obat kanker. Namun sebenarnya tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari temu putih di antaranya kandungan curcumol dan curdione yang berfungsi untuk antikanker, untuk mengurangi nyeri pada saat haid, dapat mengobati kanker seperti kanker serviks, mengobati kista, mengatasi diare, mengatasi masalah lambung, dan juga mengatasi sakit perut (Anonim, 2016).

4. Temu Ireng (Curucma aeruginosa).

temu ireng

Sebagian masyarakat menjadikan temu ireng sebagai obat jamu cekok (Limananti & Triratnawati, 2003). Selain itu temu ireng juga terkenal untuk mengobati penyakit batuk.

Manfaat lain dari temu ireng adalah menambah nafsu makan, mengatasi penyakit kulit, menyuburkan kandungan, mengatasi nyeri saat haid, pembersih darah paska melahirkan, meredakan batuk dan sesak nafas, menghilangkan racun dalam tubuh, mengobati cacingan, sebagai penambah darah, serta mengatasi gangguan wasir (Ana, 2015).

5. Kencur (Kaempferia galanga).

kencur

Kencur mengandung atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan (Wikipedia, 2018). Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang sampai 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.

Kencur biasa dipakai sebagai bumbu pecel, urap, atau karedok. Manfaat yang dapat kita peroleh dari ekstrak kencur yaitu relaksasi dan memberikan efek sedatif atau menenangkan, selain itu kencur dapat manambah nafsu makan, mengatasi diare, mengatasi radang lambung, sebagai obat anti nyeri, obat anti radang, obat batuk, menyembuhkan luka, serta sebagai perawatan untuk wajah berjerawat (Anonim, 2019).

6. Kunir putih (Kaempferia rotunda)

kunir putih

Menurut Yunus et al. (2016) mengungkapkan bahwa Kaempferia rotunda atau Kunir yang sejak dahulu telah digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan juga mengobati kanker. Selain itu juga bermanfaat untuk mengobati radang, meredam demam, dan meningkatkan nafsu makan (Arsyad, 2017).

7. Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum)

lempuyang wangi

Lempuyang atau lempuyang wangi (Zingiber zerumbet) adalah sejenis rempah-rempah yang berkhasiat sebagai obat dan biasanya di jadikan sebagai campuran obat pahitan yang dijual oleh penjaja jamu keliling.

Lempuyang diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker. Selain itu, lempuyang berguna bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai obat asma, sebagai perangsang nafsu makan, juga merangsang membran mukosa lambung, mengurangi rasa nyeri, dan pembersih darah (Raina, 2011, p. 220).

8. Daun Sambung Nyawa

Daun Sambung Nyawa

Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengenal dengan tumbuhan yang satu ini. Sesuai dengan namanya, tumbuhan satu ini memang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Bahkan, saat ini banyak orang yang menggunakan daun sambung nyawa sebagai obat alternatif dan hasilnya pun tidak mengecewakan.

Anda juga dapat memesan dan merasakan khasiat dari daun sambung nyawa ini untuk pengobatan luar seperti digigit serangga, pegal-pegal, pijat dan urut, bisul dan masih banyak manfaat yang lain.

Karena sekarang sudah tersedia Minyak Herbal Sambung Nyawa

Anda dapat memesannya melalui link di bawah ini :

ORDER SEKARANG

Informasi :

Dan kalau ingin tahu apa saja macam-macam penyakit dalam yang bisa diatasi dengan tanaman ini anda dapat melihat postingan selanjutnya.

terima kasih

Updated: Maret 17, 2020 — 1:38 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *