Kenapa Blog Saya Selalu Ditolak google adsense ?

0
124

Kenapa Blog Saya Selalu Ditolak google adsense ?

Sebuah pertanyaan yang paling sering saya dengar dan juga lihat. Sebagai blogger saya percaya dan yakin khususnya bagi teman teman blogger semua sangat menginginkan untuk dapat di terima menjadi publisher Google Adsense. Melihat banyak sekali bukti bukti tentang kesuksesan blogger yang sudah professional atau senior yang telah berhasil meraup keuntungan dari Google Adsense tersebut.

Namun perlu juga di ingat bahwa mendaftar Google Adsense bukanlah suatu yang mudah khususnya bagi para blogger pemula termasuk seperti saya ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar google adsense.

Disini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya sendiri waktu mendaftar Google Adsense. Dan semoga saja cerita saya ini nantinya dapat menjadi suatu tolak ukur atau sudut pandang serta menambah pengetahuan bagi sobat bloger semua khususnya bagi teman teman yang baru mengenal Google Adsense.

Saya mendaftar Google Adsense pada saat itu menggunakan blog ini. Dengan bermodal nekad saya mendaftarkan blog ini pada GA. Selang beberapa jam saya buka email, dan ternyata sudah ada email masuk dari Google ini Screenshot nya

Email balasan google adsense

Di situ tertera penolakan dari pihak Google Adsense dengan alasan blog saya tidak sesuai dengan kebijakan google.

Saat itu saya bingung apa yang membuat blog saya tidak sesuai kebijakan?

Lalu saya coba cari tahu di google barangkali ada petunjuk yang bisa saya dapatkan. Ada juga yang memposting tentang masih ditolak google adsense? coba baca ini namun hasilnya nihil, saya tidak mendapatkan informasi yang memuaskan. Namun saya tidak berhenti disitu, dengan penolakan ini justru membuat saya semakin ingin mencoba lagi mendaftar. Akhirnya saya coba lagi mengirim pendaftaran pada Google Adsense dan selang beberapa menit email dari GA pun masuk yang isinya sama dengan email yang pertama, blog saya di tolak lagi.  Lalu saya coba lagi mendaftar sampai kurang lebih 5 kali saya mendaftar pada saat itu, namun hasilnya tetap sama.

Dari situ kemudian saya mulai pusing, kemudian saya cari informasi lagi di google juga forum forum dan saya mendapatkan informasi tentang cara agar blog di terima google adsense. Lalu saya baca dan pelajari, saya mendapatkan informasi bahwa blog yang di daftarkan pada google adsense adalah harus blog yang unik artinya blog yang tidak mengandung konten kopi paste dan juga blog yang mempunyai identitas.

Apa itu blog yang mempunyai identitas?

Maksud dari blog yang mempunyai identitas disini adalah blog harus mempunyai niche, sedangkan pengertian dari niche itu sendiri adalah frase kata atau subjek bahasan tertentu atau lebih mudahnya topik bahasan. Jadi suatu blog akan lebih mudah di terima google adsense apabila blog tersebut mempunyai topik khusus, contoh nya:

  • liputan6.com yang khusus menyiarkan tentang berita
  • stafaband khusus tentang music
  • dan lain sebagainya

Lalu apakah blog gado gado tidak boleh mendaftar adsense?

Saya menyebut blog yang tidak mempunyai topik bahasan yang khusus dengan sebutan blog gado gado.

Sebenarnya saya tidak mengharuskan blog yang akan di daftarkan pada GA adalah harus blog yang ber niche, karena blog yang saya daftarkan pada GA ini pun bisa di bilang blog gado gado namun Alhamdulillah tetap diterima sama Google Adsense.

Jadi saya bisa bilang bahwa blog ber niche bukan suatu keharusan bila mendaftar GA, namun alangkah lebih baiknya bila blog yang kita daftarkan adalah blog yang bertopik khusus karena akan member nilai lebih dan juga kemungkinan diterima GA lebih besar.

Kembali kecerita saya, setelah saya membaca informasi dari berbagai sumber tentang Google Adsense lalu saya coba perbaiki lagi blog saya, setelah saya daftarkan lagi. Namun jawaban dari pihak GA tetap sama, blog saya belum bisa di terima untuk bergabung bersama Google Adsense. Saat itu saya mulai kehabisan akal sampai akhirnya saya berinisiatif untuk mengirimkan pesan email pada pihak Admin Google Adsense yang intinya saya ingin tahu alasan kenapa blog saya tetap tidak di terima oleh Google Adsense. Sekitar 2 menit kemudian email saya di balas oleh pihak google adsense yang isinya seperti ini

balasan email google adsense

Dari email diatas saya di beri link yang tujuannya adalah untuk memberi petunjuk masalah yang perlu di perbaiki pada blog saya.

Setiap permasalahan suatu blog pastinya berbeda beda intinya kalau kita ingin tau penyebab Google Adsense menolak blog kita, sobat bisa bertanya langsung pada pihak Google Adsense dengan mengirimkan email ke alamat ini adsense-id@google.com.

Setelah itu saya mempelajari lagi tentang kebijakan program Google AdSense dan juga Pedoman Kualitas Webmaster yang merupakan syarat untuk mendaftar dan di terima pada Google Adsense.

Dan setelah saya memperbaiki semua kekurangan pada blog saya, lalu saya pun mendaftarkan kembali blog saya dan akhirnya blog saya dapat di terima oleh google adsense.

Semoga kisah saya ini dapat menjadi informasi dan bermanfaat buat kalian sobat semua yang berniat untuk mendaftarkan blognya pada Google Adsense.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here