Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Mendaftar Google Adsense

0
115

Pengenalan Apa itu Google Adsense?

Google AdSense merupakan program pay per click atau PPC yang diciptakan oleh Google untuk memasarkan produk dari penyedia layanan atau advertise yang berada dalam Jaringan Google.

Tentunya ini memungkinkan bagi para blogger khususnya untuk memperoleh pendapatan tambahan dari blog/website mereka dengan mengikuti atau mendaftar dan menjadi mitra bisnis dalam program pay per click tersebut.

Bagaimana cara kerja google adsense?

Google adsense merupakan program iklan pay per click atau bayar setiap ada click, artinya setiap penerbit iklan atau publisher yang telah terdaftar dalam jaringan google adsense akan mendapatkan komisi atau bayaran apabila terjadi click pada iklan yang telah di pasang di blog/website mereka. Jumlah dollar yang di dapat berbeda beda antara Negara satu dengan Negara yang lain. Untuk pengunjung blog/website kita yang berasal dari Negara Amerika atau Inggris jumlah rate setiap click iklan yang di dapat lumayan besar, sedangkan untuk pengunjung yang berasal dari Negara seperti Indonesia masih tergolong kecil.

Saya pemula dalam dunia blogger apakah bisa mendaftar google adsense?

Google tidak membatasi siapa saja untuk menjadi publisher atau penerbit iklan pada blognya tak terkecuali orang yang baru mengenal dunia blog pun boleh mendaftar pada google adsense dengan syarat blognya sudah memenuhi kriteria dan tidak melanggar kebijakan program google adsense.

Apa syarat mendaftar google adsense?

Setiap blogger sangat mendambakan untuk dapat menjadi publisher atau penerbit iklan google adsense. Namun seringkali saya melihat di forum-forum, blog maupun media social yang mengeluhkan sulitnya di terima google adsense.

Bukan hanya mereka, saya sendiri pun merasakan hal yang sama seperti sobat blogger yang lain.

Bahkan mungkin bisa dibilang hampir putus asa dan tidak ingin mendaftar lagi pada google adsense. Namun perlu di ingat dalam dunia blog kita tidak boleh mengenal rasa putus asa. Keyakinan dan tekad yang bulat serta do’a dan juga usaha adalah kunci pokok dari  suatu keberhasilan.

Disini saya sedikit ingin memberitahu pada kalian sobat blogger yang berniat ingin menjadi publisher google adsense, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebagai syarat agar blog atau website kita dapat diterima google adsense.

Hal yang perlu di perhatikan saat mendaftar google adsense diantaranya :
  1. Minimal usia anda 18 tahun

Google adsense membatasi usia bagi yang mendaftar untuk menjadi publisher diwajibkan adalah 18 tahun. Menurut saya sih usia 18 tahun ini menjadi syarat karena mungkin pihak google adsense berpikir bahwa usia dibawah 18 tahun atau masih di bawah umur belum mempunyai keseriusan dalam menjalankan bisnis PPC tersebut.

  1. Memiliki blog atau website

Kalau syarat yang ini sudah pasti. sebelum mendaftar google adsense tentunya kita harus memiliki sebuah blog/website, karena nantinya blog/website ini yang akan kita pasangi iklan google adsense.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. Umur blog minimal 6 bulan

Setiap blogger yang ingin mendaftar menjadi publisher google adsense harus memperhatikan umur blog yang digunakan untuk mendaftar. Google adsense menganjurkan minimal usia blog adalah 6 bulan. Namun untuk Negara Indonesia sebenarnya syarat ini tidak terlalu di berlakukan namun juga perlu di pertimbangkan lagi.

*update : untuk sekarang usia blog tidak menjadi patokan, karena blog yang baru berumur kurang dari 6 bulan pun sudah bisa didaftarkan pada Google Adsense

  1. Jumlah Postingan blog

Untuk jumlah postingan blog sebenarnya tidak ada ketentuan khusus minimal berapa postingan yang harus ada sehingga di perbolahkan mendaftar google adsense. Namun menurut data dan juga sebagian blogger mengatakan bahwa minimal postingan adalah 100 postingan. Namun dalam kenyataanya sebagian blogger yang saat mendaftar pada google adsense dengan jumlah posting blognya hanya 50 pun masih bisa di terima, jadi menurut saya ini bukan syarat wajib yang harus di penuhi untuk mendaftar GA.

  1. Konten blog bukan kopi paste

Nah, untuk syarat yang ini memang bisa dibilang syarat wajib atau yang paling perlu di perhatikan. Google adsense sangat cermat dalam mereview suatu blog/website walaupun saat mereview blog / website menggunakan manual atau orang yang sebenarnya namun google juga sudah dilengkapi dengan detector khusus yang dapat mengenali konten plagiat mauopun konten asli. Jadi saya sarankan jangan mendaftarkan blog dengan konten copas atau kopi paste saat mendaftar google adsense karena sudah pasti blog sobat tidak akan diterima.

  1. Jumlah pengunjung blog

Untuk syarat yang ini saya sendiri kurang begitu yakin sebagai syarat utama agar di terima google adsense, karena menurut pengalaman saya sendiri saat mendaftar dan di terima google adsense jumlah pengunjung blog saya Cuma 50 orang perhari. Jadi saya bisa bilang ini mungkin bukan syarat utama kita mendaftar dan diterima GA.

Mungkin sementara hanya itu saja yang dapat saya bagikan untuk saat ini mengenai hal yang perlu di perhatikan saat mendaftar google adsense..

Untuk artikel yang lain akan saya sambung pada pertemuan berikutnya.. 

semoga bermanfaat. salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here