Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP yang Tidak Mencukupi

0
22

Di Indonesia pengguna smartphone dengan sistem operasi android memang sudah sangat banyak. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi menjadikan semakin sengitnya persaingan dagang dalam dunia gadget. Sebagai contoh smartphone Vivo, samsung, xiaomi, Oppo yang sekarang ini masih saling bersaing dipasaran.

Masing-masing produk memiliki keunggulan sendiri dengan fitur-fitur canggih yang ditanamkan pada smarphone tersebut.

Namun yang namanya teknologi atau gadget biasanya akan memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Contoh nyatanya adalah di sisi penyimpanan internal atau internal storage.

Setiap smartphone memiliki ruang penyimpanan internal yang berbeda kapasitasnya, ada yang kecil ada yang sedang dan ada juga yang besar.

Nah untuk kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal yang kecil dan biasanya harus ditambah dengan memori penyimpanan eksternal atau MMC atau Micro SD.

Sebuah smartphone akan menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan sistem dan juga aplikasi yang berjalan didalamnya dan ini tentu akan mengakibatkan ruang penyimpanan semakin berkurang dengan semakin banyaknya aplikasi yang diinstal atau di pasang sehingga menjadikan kerja smartphone menjadi bertambah berat atau sering lag dan lemot.

Sebagai pengguna smartphone khususnya android kita pasti terkadang melihat peringatan seperti ini khususnya bagi mereka yang memiliki HP dengan memori penyimpanan internal 8gb sebagai contoh samsung J2 prime.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hp Tidak Mencukupi

Jangankan untuk menyimpan file gambar atau video, terkadang untuk membuka folder gambar saja kita tidak bisa.

Peringatan tersebut muncul dikarenakan memori penyimpanan internal di hp kita sudah penuh dan agar dapat digunakan kembali untuk menyimpan file seperti gambar atau video atau file lainnya kita harus menghapus data yang sudah disimpan di hp tersebut.

Tentu sangat disayangkan jika file penting kita harus dihapus karena kekurangan tempat penyimpanan.

baca juga : Cara Download Video Youtube di HP

Dan disini saya kan berbagi tutorial Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP yang Tidak Mencukupi dengan memindahkan file yang ada di hp kita ke komputer.

Berikut ini caranya:

  1. Pertama colokan smartphone atau hp anda ke komputer/laptop
  2. Setelah hp terdeteksi, kemudian pilih file yang dirasa penting dan simpan pada komputer
  3. Setelah itu format atau hapus data hp/tempat penyimpanan internal pada smartphone anda.
  4. Selesai, kini smartphone anda tidak lagi kekurangan tempat untuk menyimpan foto, video maupun file yang lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tutorial video berikut ini:

Semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here