Cara Mengatasi Blinking 7x Warna Orange Printer ip 1980

0
163

Cara Mengatasi Blinking 7x Warna Orange Printer ip 1980

Mungkin sering kita mengalami permasalahan saat akan ngeprint dokumen maupun gambar dan tiba-tiba ada kendala atau masalah pada printer kita entah karena kurang tinta atau karena gambar yang keluar saat print hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Bahkan lebih kesalnya lagi apabila permasalahan yang timbul adalah saat printer tidak merespon atau tidak mau ngeprint atau mencetak dokumen yang mungkin sedang kita butuhkan dan harus cepat selesai, memang sangat mengesalkan sekali tentunya ya sobat.

Berawal dari pengalaman pribadi ketika ada seorang user GHOST.NET yang datang dengan membawa sebuah printer canon tipe ip 1980.

Kemudian saya bertanya”ada kendala apa?”. lalu beliau menjawab ” printer saya blink warna orange 7x mas..”.

Setelah itu saya coba mencolokan kabel power printer ip 1980 tersebut ke stop kontak dan benar saja ketika saya nyalakan tombol power, lampu indikator pada printer tersebut blinking warna orangenya sebanyak 7x bergantian.

Kemudian saya coba bongkar bagian cartridge lalu saya cek kondisi fisik kartridge tersebut untuk yang warna hitam terlihat seperti sudah lama sedangkan untuk cartridge yang warna memang terlihat seperti masih baru dan saya kemudian bertanya lagi ” ini cartridge nya baru apa sudah lama mas?” dia menjawab ” kalau yang warna beli belum lama mas, kalau yang hitam si memang dari pertama beli printer belum pernah ganti “.

Kemudian saya coba colokan kabel USB printer tersebut ke komputer saya dan membiarkan komputer mengenali device printer tersebut. Kebetulan komputer saya menggunakan sistem operasi windows 7 profesional sp1, sehingga tanpa download driver printer canon ip 1980 pun sudah terdeteksi dan langsung dapat di gunakan untuk ngeprint.

Namun sayangnya karena printer tersebut blink terus tanpa henti maka menu untuk masuk ke perawatan maupun print test page pun tidak berfungsi.

Berikut ini langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki printer ip 1980 yang mengalami blink warna orange 7x, bagi sobat semua yang pernah mengalami kasus yang sama boleh mempraktekannya.

  1. Pada posisi printer masih menyala/ masih ngeblink pencet dan tahan tombol power (lampu hijau) dan jangan di lepas.
  2. Dalam posisi kabel masih menancap pada stop kontak, cabut kabel power dari printer kurang lebih 5 detik sambil masih menekan tombol power printer, kemudian tancapkan kembali kabel power ke printer.
  3. Kemudian sambil masih menekan tombol power (lampu hijau), anda tekan 2x pada tombol resume (lampu orange) kemudian ditahan
  4. setelah kurang lebih 5 detik lepaskan jari anda dari tombol power dan juga resume secara bersamaan.
  5. Dalam posisi ini, printer telah masuk pada safe mode dengan ditandai lampu warna hijau akan berkedip.
  6. Pengalaman saya setelah proses tersebut matikan dan hidupkan kembali printer, maka blinking 7x sudah hilang dan anda sudah dapat menggunakan printer ip 1980 tersebut seperti semula.
  7. Namun bila cara tersebut belum berhasil, lakukan kembali point 1 sampai 5 dan kemudian download resetter printer sesuai dengan seri printer sobat, ikuti petunjuk instal dan reset printer anda, maka printer akan kembali normal seperti sedia kala.

Demikian Cara Mengatasi Blinking 7x Warna Orange Printer ip 1980. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here