Cara Membuat Bakso Daging Kaldu Jamur

0
39

Cara Membuat Bakso Daging Kaldu Jamur

Bakso merupakan makanan yang sudah sangat familiar bagi warga Indonesia, selain rasanya yang memang enak karena dibuat dari bahan dasar daging dengan bumbu racikan yang sangat menggungah selera.

Bagi anda penyuka kuliner satu ini mungkin penasaran dan ingin mencoba membuat sendiri atau berkreasi dengan karya sendiri untuk membuat bakso, dan berikut ini adalah cara membuat bakso daging dengan kaldu jamur.

Pertama-tama siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan,

Bahan-bahan membuat bakso daging kaldu jamur:

  1. 300 gram daging sapi
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 1/2 sdt baking powder
  4. 1 sdm kaldu jamur
  5. 1 sdm garam
  6. 125 gram es batu
  7. 1 sdm bawang putih bubuk / 2 buah dihaluskan
  8. 2-3 sdm bawang merah goreng
  9. Mesin cincang daging

Setelah itu kita masuk ke langkah cara membuatnya.

  • Pertama, masukkan daging sapi dan es batu ke dalam mesin cincang, kemudian giling sampai halus.

  • Setelah daging halus, masukkan semua bumbu (baking powder, kaldu jamur, garam, bubuk bawang putih dan bawang merah goreng), kemudian giling kembali sampai merata.

  • Lalu masukkan tepung tapioka dan giling lagi sampai tekstur adonan terlihat kenyal, setelah itu bentuk adonan bakso sesuai selera, bisa menggunakan sendok yang di bolak-balik bila tidak ingin tangan anda lengket oleh adonan atau dapat menggunakan tangan langsung.

  • Kemudian siapkan air panas namun jangan terlalu mendidih, nyalakan api kompor kecil dan stabil, agar air tidak cepat mendidih dan usahakan jangan sampai air berbuih cukup panas saja, lalu masukan bakso yang sudah dibentuk tadi. Setelah bakso mengapung, angkat dan tiriskan.

  • Dan bakso daging sapi pun siap dihidangkan. Untuk menjaga agar bakso bertahan lama (tidak mudah basi) anda dapat menyimpannya di freezer.

    Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here