Cara Instal Ulang Windows 7

0
33

Cara Instal Ulang Windows 7

Sebagai pengguna komputer atau laptop memang seringkali kita disibukan dengan berbagai tugas diantaranya browsing, mengetik dokumen, edit video, desain, musik dan lain sebagainya.

Namun terkadang sering juga kita menjumpai performa dan kinerja komputer kita lambat dan tidak jarang juga komputer kita tidak sesuai dengan harapan padahal kita mungkin sedang sangat dikejar waktu untuk pekerjaan yang diharuskan cepat selesai, sebagai contoh kita dikejar waktu untuk membuat laporan dan lain sebagainya.

Memang komputer sekarang ini dapat dikatakan sudah menjadi perangkat yang memiliki peran penting dalam penggarapan pekerjaan, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini.

Namun pernahkah kalian mengalami komputer atau laptop kalian tiba-tiba rusak, sedangkan kalian harus mengerjakan pekerjaan yang harus segera selesai?

Tentu akan sangat menyebalkan bukan.. ya saya percaya sebagian orang pasti pernah mengalami kejadian seperti itu. Memang sangat menjengkelkan disaat kita sedang diburu waktu untuk menyelesaikan tugas namun komputer kita tidak dapat digunakan.

Dan karena pengalaman itulah disini saya akan membagikan pada anda semua cara untuk instal ulang komputer agar komputer kembali normal dan dapat digunakan seperti sediakala.

Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa sebuah perangkat komputer atau PC maupun laptop/notebook pasti suatu saat akan mengalami yang namanya penurunan performa atau kinerja karena sebuah perangkat atau alat apapun kalau sudah sering digunakan pasti akan berkurang kualitasnya.

Sebagai contoh sepeda motor dari pertama beli pasti masih enak dipakai namun seiring bertambahnya waktu dan seringnya pemakainan maka kinerjanya pun akan menjadi menurun dan puncaknya motor harus turun mesin agar dapat kembali seperti semula saat pertama beli.

Begitu juga dengan perangkat komputer maupun laptop. Banyak faktor yang menyebabkan komputer menjadi rusak diantaranya karena virus, pemakaian yang berlebihan, dan juga karena usia dari komputer atau laptop tersebut.

Kalau memang komputer sering hang, lambat atau rusak karena terlalu sering dipakai atau memang karena usia komputer tersebut sudah tua itu wajar saja.

Namun terkadang kita juga mendapati komputer yang bisa dikatakan masih baru namun sering hang, lag, lambat atau gejala kerusakan yang lainnya, hal ini tentunya akan menjadi pertanyaan karena umumnya komputer baru tentu kinerja dan performanya masih bagus.

Dan menurut saya untuk mengatasi hal tersebut diatas perlu adanya instal ulang komputer, karena dengan menginstal ulang komputer akan membuat komputer menjadi fresh kembali.

Berikut ini adalah cara install ulang windows 7 pada komputer atau laptop.

1. Pertama kita membutuhkan CD master windows 7, dapat juga menggunakan bootable flashdisk

2. Matikan komputer atau PC anda dan masukan CD master windows 7 pada CD room atau bootable flashdisk nya pada slot USB komputer

3. Hidupkan komputer, masuk ke mode bios (seting bios sesuai dengan bootable yang anda gunakan CD atau Flashdisk) kemudian tekan F10 dan enter

4. Biarkan komputer restart sampai tampil gambar seperti berikut, lalu klik next

5. Kemudian klik instal

 

6. check pada I Accept The Licence Terms, lalu klik next

7. Setelah itu pilih custom (advanced)

8. Kemudian pilih HDD untuk instalasi windowsnya, atur ukuran kapasitas sesuai keinginan anda kemudian klik apply setelah itu klik next

 

9. Kemudian tunggu proses instalasi window 7 berjalan, biarkan sampai komputer restart

10. Ini adalah tampilan awal saat booting, windows sedang mendeteksi perangkat keras (hardware) komputer/laptop anda.

11. Setelah itu isikan nama pada komputer anda bebas

 

12. Uncheck pada Automatically Activate Windows (agar windows tidak update otomatis saat komputer anda konek internet)

13. Setelah itu seting waktu dan negara dll, dan selesai.

Anda tinggal instal driver sesuai dengan seri dan merk laptop atau seri hardware PC anda dan memasang aplikasi yang anda perlukan seperti microsoft office, corel draw dan lainnya. Namun saya sangat menyarankan untuk menginstal anti virus terlebih dahulu sebelum anda menginstal program atau software aplikasi pada komputer.

baca juga cara membuat SMADAV free menjadi PRO

Bagi yang masih bingung silahkan lihat tutorial video berikut ini :

Kalau masih bingung juga, silahkan wa ke sini 081912776735 (mazkit) 😀

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here