Tentang Mengecewakan dan Dikecewakan

Tentang Mengecewakan dan Dikecewakan

Kawan, kecewa merupakan salah satu bentuk perasaan yang sangat tidak menyenangkan. Tentu tidak seorang pun yang ingin merasakan kecewa. Mungkin saja penyebab dari rasa kecewa itu tidaklah sejahat hinaan, tapi itu akan membekas dengan rasa sakit yang mendalam.

“Dikecewakan orang lain itu memang menyakitkan”

Biasanya perasaan kecewa muncul ketika sebuah atau sesuatu kenyataan tidak sesuai dengan harapan atau bayangan kita. Di dalam hubungan antara manusia, rasa kecewa akan muncul ketika kita sudah mempercayakan sesuatu kepada orang lain, namun orang tersebut tidak dapat memegang kepercayaan yang telah kita berikan.

Tahukah kalian bahwa rasa kecewa itu hampir sama seperti virus. Tubuh yang kuat tentu bisa membentuk antibodi darinya, namun sebaliknya tubuh yang lemah akan semakin sakit. Seseorang yang dapat mengambil sebuah pelajaran dari peristiwa atau kejadian yang membuatnya kecewa, untuk ke depannya tentu saja dia akan menjadi kuat, bijak, dan lebih berhati-hati lagi agar tidak mengalami kekecewaan yang sama. Akan tetapi, ketika kekecewaan itu begitu besar dan terus berlanjut, bisa jadi hal tersebut akan menjadi sebuah penyakit seumur hidup.

Tapi ingatlah sobat,

Mengecewakan orang lain itu lebih menyakitkan

Adalah mungkin saja hanya sebuah kalimat yang disadari oleh mereka yang sadar akan arti dari relasi dan begitu berharganya sebuah kepercayaan. Kepercayaan yang menjadi sebuah identitas bahwa kita memiliki kemampuan. Kepercayaan yang menunjukkan kalau kita dapat memberikan kebahagiaan pada orang tersebut. Kepercayaan yang menjadikan kita yakin bahwa tanpa bantuan kita orang tersebut tidak dapat melakukan hal yang lebih.

Kawan, mari kita kembali pada hubungan antar manusia tadi, tentang kepercayaan yang tidak dapat dipegang. Jika tadi kita memposisikan diri sebagai pemberi kepercayaan, sekarang mari kita mencoba bertukar posisi menjadi yang diberi kepercayaan.

Disini terdapat sebuah bola bercahaya bernama Bola Kepercayaan, yang telah dititipkan oleh seseorang pada kita. Dia meminta kita untuk menjaganya walau hanya satu jam saja. Bagaimanakah jawaban kita?

Mungkin kita bisa saja menolaknya dengan alasan yang mungkin dapat masuk akal. Namun tahukah kalian, bahwa hal ini berarti kita menolak kepercayaan yang diberikan orang lain tersebut. Dan kita juga tidak berhasil menunjukkan kepada orang tersebut bahwa kita adalah orang yang mampu. Ketahuilah bahwa hal ini pun sudah sedikit menimbulkan kekecewaan untuk orang tersebut karena kita tidak mampu mengeluarkan orang tersebut dari permasalahannya.

Mungkin kita bisa saja menerimanya. Namun ingat, ketika dia meminta bola itu kembali, dan ternyata kita telah menggoresnya, merusaknya, menghilangkannya, atau mungkin memalsukannya setelah yang asli hilang. Hal ini jelas menimbulkan kekecewaan yang mendalam bagi orang tersebut. Ketika orang lain sudah menggantungkan harapannya pada kita, kita malah menghancurkannya. Karena hal tersebut kemungkinan besar kita tidak akan bisa lagi menjadi orang baik di matanya.

Ketahuilah kawan, akan terasa sangat menyedihkan bila kita dianggap buruk karena perilaku kita sendiri. Kesempatan untuk membuktikan kebaikan itu akan hilang dan selamanya kita dipandang buruk. Dan kehilangan kita akhirnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kehilangan yang dirasakan oleh orang yang kepercayaannya telah kita rusak.

Oleh karena itu, mengecewakan orang lain itu akan lebih menyakitkan.

Maka mari mulai dari sekarang kita berpikir lagi sudahkah kita memperbaiki diri kita karena apapun yang terjadi pada diri kita itu adalah karena apa yang telah kita lakukan.

Berpikirlah kembali sebelum kita melakukan sesuatu, karena saat kita mengecewakan orang lain akan sangat sulit bagi kita untuk memperbaikinya atau mengembalikan kepercayaan seseorang pada kita. Dan kalaupun orang tersebut dapat mempercayai kita lagi, ingatlah kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya tidak seperti saat kita belum mengecewakannya.

Pernahkah Anda mengecewakan orang lain? Sudahkah Anda memperbaikinya?

Semoga Tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.. Salam

Updated: Juli 7, 2019 — 4:35 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *