10 Dosa yang Akan Menghalangi Rezeki

0
28

10 dosa yang akan menghalangi rezeki Anda

Setiap manusia yang sudah dilahirkan dimuka bumi ini pasti memiliki dosa, yang membedakan adalah tingkatan besar kecilnya dosa dan sudah berubah atau sudah bertaubatkah manusia tersebut. Karena tingkat keimanan dan ketaqwaan manusia berbeda-beda.

Ada manusia yang sadar bahwa dia sudah melakukan dosa sehingga dia berniat untuk bertaubat dan memperbaiki diri serta berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

Namun tidak sedikit juga manusia yang tidak peduli dengan dosa yang sudah dia lakukan dan tetap melakukan dosa tersebut walaupun sebenarnya dia tahu bahwa setiap perbuatan entah itu perbuatan baik ataupun perbuatan buruk pasti akan mendapatkan balasan dari Allah SWT baik secara langsung maupun tidak langsung dan entah itu balasannya di dunia ataupun di akhirat kelak. Wallahu’alam.

Semua tergantung dari tingkat keimanan seseorang. Dan disini saya hanya ingin berbagi untuk saya dan anda semua agar kita selalu ingat bahwa apa yang terjadi pada diri kita sebenarnya tidak lain adalah karena apa yang telah kita lakukan. (istilah jawa : sopo nandur bakale ngunduh).

Apapun yang kita perbuat pasti akan kembali pada diri kita. Sebagai contoh mungkin kita pernah berbuat jahat pada orang lain entah hari itu juga, esok atau kapanpun pastinya kita akan dijahati juga sama orang lain bisa sama orang yang kita jahati tersebut atau mungkin saja dibalas kejahatan sama orang lain, begitu juga sebaliknya.

Namun hal kecil seperti itu terkadang kita mengacuhkannya sehingga menjadikan kita melakukan suatu perbuatan yang sebenarnya tidak baik namun tetap menganggap hal tersebut wajar-jawar saja.

Sebagaimana kita semua sudah mengerti bahwa rahasia Tuhan ada 3 hal yaitu ; jodoh, rezeki dan mati. Ketiga rahasia tersebut adalah mutlak hanya Allah SWT yang tahu, tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang tahu akan tiga hal tersebut.

Apakah kalian tahu kapan kalian bertemu jodoh kalian?

Apakah kalian tahu kapan kalian akan mendapatkan rezeki?

Apakah kalian tahu kapan dan dimana kalian akan mati?

Kita manusia biasa tidak ada satupun yang tahu kapan, dimana dan dalam posisi seperti apa kita akan mati. Semoga kita semua akan mati dalam keadaan husnul khotimah.

Hadits Anas bin Malik yang diriwayatkan Imam Ahmad yang menunjukkan tentang husnul khotimah pada seorang hamba, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

ذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ قَالُوا وَكَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ قَالَ يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ قَبْلَ مَوْتِهِ

“Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang, maka Allah akan membuatnya beramal.” Para sahabat bertanya; “Bagaimana membuatnya beramal?” beliau menjawab: “Allah akan memberikan taufiq padanya untuk melaksanakan amal shalih sebelum dia meninggal.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Begitu juga halnya dengan rezeki, bagi manusia yang masih hidup seperti kita terkadang sangat disibukan dengan dunia, salah satunya dengan harta dan kemewahan. Tidak sedikit juga manusia yang mengeluh dengan rezeki yang tidak kunjung datang.

Namun kita semua perlu ingat, bahwa setiap manusia bahkan setiap makhluk melata di muka bumi ini pasti diberi rezeki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

Dan tak ada satupun makhluk melata di bumi kecuali Allah-lah yang memberikan rezekinya (QS. Hud: 11)

Namun terkadang masih ada seorang muslim yang seret rezekinya. Misalnya saja sudah bertahun-tahun tidak mendapatan penghasilan padahal dia telah berusaha semaksimal mungkin. Mencari pekerjaan nggak dapat-dapat, bahkan saat buka usaha pun selalu rugi.

Ingatlah, bisa jadi itu merupakan ujian, namun perlu diingat jika anda pernah melakukan salah satu dari 10 dosa yang akan menghalangi rezeki ini, menurut Ustadz Yusuf Mansur itu bukanlah ujian melainkan hukuman dari Allah dan jalan satu-satunya agar dapat terbebas adalah dengan bertaubat  kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lalu apa saja 10 dosa yang akan menghalangi rezeki tersebut?

  1. Dosa syirik kepada Allah, atau menyekutukan Allah
  2. Dosa meninggalkan atau melalaikan shalat
  3. Dosa berbuat zina (Macam-macam perbuatan zina dan Hukumannya dalam Islam)
  4. Dosa durhaka kepada orangtua
  5. Dosa memakan uang haram (uang hasil menipu, riba dll)
  6. Dosa berjudi
  7. Dosa Minum khamr atau minuman keras
  8. Dosa Memutuskan silaturahim
  9. Dosa Suka Ghibah (Pengertian Ghibah – wikipedia )
  10. Dosa Kikir alias Pelit

Nah jika 10 dosa-dosa diatas tersebut tidak pernah anda lakukan namun rezeki masih sulit atau seret, insya Allah itu merupakan ujian dari Allah SWT sebagaimana anak yang tidak pernah melakukan kesalahan dia mengikuti ujian untuk naik kelas. Dari kelas 3 ke kelas 4, dari kelas 4 ke kelas 5, sampai akhirnya lulus dan melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi. Dan jika itu ujian, solusinya hanyalah bersabar sambil tetap berusaha dan berdo’a.

Namun jika anda pernah melakukan salah satu dosa tersebut diatas, atau bahkan lebih dari satu dosa penghalang rezeki tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan bertaubat, Taubat nasuha.

Bertaubatlah dengan sungguh-sungguh terlebih dahulu, menyesal dan berjanji dalam hati untuk tidak akan mengulanginya lagi. Setelah itu barulah bersabar. Insya Allah dengan demikian rezeki anda akan kembali lancar. Amin Ya Rabbal ‘Alamin

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here